Rabu, 10 Oktober 2012

Testimoni tentang Pengaplikasian Teori Belajar Skinner di dalam Kelas

                          Pada hari ini, tepatnya rabu 10 Oktober 2012, ada yang berbeda dengan proses belajar pada mata kuliah psikologi belajar. Mengapa? nah, awalnya ibu Dina memasuki ruangan dan langsung memerintahkan kami untuk duduk berselang dua dengan teman sebelahnya. Jadi, kami langsung melaksanakan perintah ibu Dina. Kemudian, pada awalnya kami mengira akan kuis, namun pada kenyataannya ibu Dina membagikan 3 buah stimulus yaitu berupa 2 lembar sertifikat tanpa nama dan selembar ketas kosong.

STIMULUS 




                         Dari ketiga stimulus tersebut, kami diminta untuk menghasilkan produk apapun kemudian hasil yang akan terpilih akan mendapatkan hadiah dari ibu Dina.Setelah berpikir apa yang harus saya kerjakan, kemudian saya menulis sepemahaman saya dengan teori Skinner di atas kertas kosong tersebut..
Adapun produk yang dihasilkan dari stimulus yang diberikan yaitu:

PRODUK
 


Evaluasi Menggunakan Teori Skinner

                    Pernyataan yang diberikan oleh ibu Dina merupakan stimuli diskriminatif berupa pernyataan verbal. Pada awalnya, saya tidak memahami apa yang akan saya hasilkan dari stimulus yang diberikan, namun ketika melihat hasil produk dari kakak senior, saya merasa bahwa produk yang saya hasilkan sangat tidak kreatif -___-. Hahaha ....
                  
                   Melihat hal tersebut, jika dikaitkan dengan teori Skinner ibu Dina menjanjikan kami untuk menghasilkan produk semaksimal mungkin, sehingga akan dipilih 3 terbaik dari kelompok A dan kelompok B dengan produk terbaik. Nah, hal tersebut merupakan penguatan positif, dimana ibu Dina akan memberikan reward bagi yang memiliki hasil produk terbaik. Karena penguatan tersebut, maka setiap peserta kuliah berlomba-lomba dalam menghasilkan produk terbaik.

                   Jadi, prinsip pembelajaran tersebut merupakan aplikasi dari teori Skinner. Dimana,ibu Dina mengharapkan produk terbaik dari kami, sehingga produk yang terbaik tersebut akan menerima reward dari bu Dina. jelas sudah bahwa  reinforcement dilakukan untuk mendapatkan perilaku (respon) sesuai dengan keinginan pemberi stimulus.
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar