Selasa, 27 Maret 2012

Aplikasi Paedagogi Praktis dikaitkan dengan Guru Abad ke-21




Pedagogi tidak sekadar harus dipahami, melainkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Pemikiran inilah yang kemudian melahirkan apa yang disebut dengan pedagogi praktis. Meski demikian, praktik pedagogi yang baik harus didasari oleh teori pedagogi yang sudah teruji.

Pada saat ini, kualitas guru mulai menurun dibandingkan dengan kualitas guru yang dihasilkan pada jaman dulu. Menurut kami, ketika hal ini dikaitkan dengan ilmu seni mengajar, sebetulnya guru pada generasi ini tidak memenuhi persyaratan seorang guru yang sebenarnya. Dulu, tidaklah mudah mendapatkan posisi sebagai seorang guru. Tes dilakukan lumayan ketat, dilihat dari kemampuan akademik atau seberapa ilmu yang ia punya ataupun berdasarkan jenjang pendidikannya. Selain itu, guru pada saat itu, tidak hanya memberikan ilmu atau mengajarkan akademik ada siswanya, namun mendidik anak secara moral.

Pada saat ini posisi guru bisa saja tidak ditempati oleh seseorang yang berjiwa guru. Ada beberapa guru pada jaman sekarang yang tidak memenuhi standar ilmu (standar profesional) yang seharusnya dimiliki seorang guru. Selain itu, terkadang pendidikan moral diabaikan. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi dan kreatifitas yang sekarang berkembang, menuntut guru untuk menjadi kreatif dan harus menuntun siswanya agar lebih aktif dan mengikuti perkembangan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang di jaman ini. Sehingga terkadang, guru dituntut untuk menuntun siswanya agar tidak melenceng dari kurikulum yang telah dibuta, dan juga dapat mengendalikan aktivitas si anak. Hal ini dapat dilakukan dengan melalui ceramah formal yang mengusut tentang moral anak.

Bagi guru di jaman sekarang, kekuatan paedagogi ilmiah adalah membuat pembelajaran semakin praktis dengan dilihat dari konsep teoritis. Teori memang merupakan sesuatu yang paling praktis. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana cara guru-guru menggunakan dan memanfaatkan teori tersebut sebagai paedagogi praktis.

Guru yang efektif, mampu menampilkan berbagai keterampilan dan kemampuan yang mengarah untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, dan yakin bahwa proses pembelajaran tersebut dapat berhasil dengan baik dalam segala hal, seperti dalam hal akademis dan dalam hal pribadi.

Jadi, agar paedagogi praktis dapat berjalan efektif, maka seorang guru harus memiliki standar professional yang menjadi persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guru. Jangan hanya memiliki gelar dan profesi sebagai guru, tetapi diharapkan kepada guru di jaman sekarang agar lebih bisa mengaplikasikan paedagogi praktis agar terciptanya proses belajar-mengajar yang lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar