Sabtu, 10 Maret 2012

Seni dan Ilmu Mengajar

Mengapa banyak orang mengatakan bahwa mengajar adalah seni ? Mengapa banyak juga orang-orang mengatakan bahwa mengajar adalah ilmu ?

Nah , pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan apa itu seni dan ilmu mengajar.

Banyak orang-orang mengatakan bahwa mengajar adalah ilmu. Bagi orang-orang tersebut, kegiatan mengajar harus berbasis ilmu dan menekankan aspek ilmiah dalam kegiatan pengajaran serta berfokus pada sistematisasi komunikasi antara guru dan siswa. Orang-orang ini percaya bahwa kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan pendekatan aplikasi teknologi pengajaran. Salah satu pendukung utama pendekatan pembelajaran yang berbasis teknologi aalah B.F Skiner. Skiner berpendapat bahwa guru-guru dapat dilatih untuk menerapkan teknologi pendidikan atau menerapkan pendekatan teknologis dalam input-process-ouput atau stimulus-respon yang mekanistik.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa mengajar adalah seni. Nah, orang-orang ini percaya bahwa mengajar sebenarnya melibatkan intuisi, improvisasi, dan ekspresi. Bagi orang-orang yang menganut "kegiatan mengajar sebagai seni", efektivitas mengajar tergantung pada kreativitas, penilaian yang baik, dan wawasan yang tinggi. Elliot Eisner, seorang profesor pendidikan di Stanford, telah menyamakan aspek artistik aktivitas pengajaran sebagai konduktor sebuah simfoni. Eisner berpendapat, bahwa dengan guru menampilkan diri sebagai seniman daripada sebagai ilmuwan. Aktivitas yang paling penting dari kegiatan mengajar adalah mengelola peristiwa-peristiwa yang terjadi selama proses pembelajaran. 

Kegiatan pembelajaran itu sendiri sebenarnya merupakan kombinasi abstrak antara ilmu dan seni.Mungkin lebih akurat bahwa mengajar melibatkan penilaian artistik yang bergantung pada ilmu pengetahuan. N.L Gage mengemukakan bahwa ada dasar ilmiah untuk "seni guru mengajar". Dasar-dasar ilmiah itu ditemukan dari hasil penelitia dalam lingkup-ligkup ilmu-ilmu sosial, psikologi, sosiologi, dan komunikasi. Dengan demikian, dasar-dasar pengetahuan mengajar itu benar-benar ada serta harus diketahui dan dipahami oleh guru. Untuk bisa melaksanakan pembelajaran yang efektif, tentu saja guru harus mengetahui bagaimana siswa belajar.


Daftar Pustaka : Danim, Sudarwan & Khairil. 2010. Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar