“Mengapa mahasiswa psikologi USU yang
mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2014 semester ganjil sebahagian
besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan
observasi di lapangan?”
Analisa pertanyaan dengan menggunakan
teori :
> Teori Gagné
> Teori Gagné
Menurut Gagné,
ada 5 variasi belajar dimana salah satunya adalah sikap. Mahasiswa yang
mengambil mata kuliah psikologi belajar tidak memberikan tanggapan di grup
sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan dikarenakan sikap
mereka dalam mempersiapkan diri selama ujian tengah semester, sehingga
mahasiswa menjadi kurang perduli dengan hal-hal lain yang ada di sekitarnya.
Selain itu sikap mahasiswa ini, juga dipengaruhi oleh :
a. Perbedaan
Individual , dimana mahasiswa merasa kurang memiliki kesiapan dlaam membahas
topik observasi di lapangan dikarenakan faktor eksternal yang terjadi yaitu
ujian tengah semester. Selain itu ada juga mahasiswa yang tidak memberikan
tanggapan dikarenakan tidak memiliki sikap untuk membahas topi tersebut dimana
individu tersebut merasa bahwa ia setuju dengan segala keputusan yang ada di
dalam kelas. Perbedaan-perbedaan individu inilah yang menyebabkan isu-isu yang
terjadi di dalam perkuliahan psikologi belajar.
b. Motivasi,
dimana menurut Gagné agar mencapai tujuan belajar yang baik, maka harus
mencakup identifikasi motif siswa dan penyaluran motif itu ke kegiatan yang
produktif. Sehubungan dengan masalah di atas, mahasiswa merasa ia setuju dengan
ide yang disampaikan oleh dosen pembimbing, namun ia merasa bahwa jika ia tidak
berkontribusi dengan tanggapan yang diberikan, maka apapun hasil keputusannya
ia akan terima. Ada juga individu yang memiliki motivasi untuk mencari tahu
tentang ide yang diberikan oleh dosen pembimbing, sehingga ia merasa perlu
untuk memberikan kontribusi berupa tanggapan di dalam grup.
> Teori Piaget
Dalam konteks
sosial untuk Belajar, Piaget menekankan pentingnya interaksi teman sebaya dalam
konteks pengembangan diri. Dengan melalui interaksi ini, mahasiswa akan
mendapatkan kapabilitas untuk melihat persoalan dari perspektif lain. Mahasiswa
tidak memberikan tanggapan terhadap ide yang diberikan oleh dosen pembimbing
dikarenakan, ketika seseorang dari anggota kelompok tidak memberikan attensi
terhadap pemberitahuan di grup, kemudian anggota tersebut menyampaikan hal
tersebut kepada teman-temannya. Ada juga mahasiswa yang memberikan attensi
terhadap pemberitahuan di grup dan memberitahukannya kepada teman-teman lainyya
kemudian menunggu hasil keputusan yang ada di dalam kelas.
> Teori Bandura
Menurut Bandura, individu memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengabstraksi, mengkodekan, mengingat, dan menjalankan perilaku yang mereka saksikan. Mereka juga memiliki perbedaan dalam hal reseptivitas (kesediaan menerima) terhadap model. Mahasiswa tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan observasi di lapangan, dikarenakan ada mahasiswa yang merasa tidak merasa perduli dengan ide yang diberikan dosen pembimbing sehingga dia menyampaikan informasi tersebut kepada teman lainnya dan karena ia yang dipercaya dalam segala sikap, akhirnya ia menjadi model untuk teman-temannya. Karena individu itu tidak memberikan tanggapan di grup, maka teman-teman lainnya juga ikut melakukan hal yang sama (conformity).
> Teori Bandura
Menurut Bandura, individu memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengabstraksi, mengkodekan, mengingat, dan menjalankan perilaku yang mereka saksikan. Mereka juga memiliki perbedaan dalam hal reseptivitas (kesediaan menerima) terhadap model. Mahasiswa tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan observasi di lapangan, dikarenakan ada mahasiswa yang merasa tidak merasa perduli dengan ide yang diberikan dosen pembimbing sehingga dia menyampaikan informasi tersebut kepada teman lainnya dan karena ia yang dipercaya dalam segala sikap, akhirnya ia menjadi model untuk teman-temannya. Karena individu itu tidak memberikan tanggapan di grup, maka teman-teman lainnya juga ikut melakukan hal yang sama (conformity).